Sabtu, 06 November 2010

Sakitnya Cinta

Setiap orang boleh aja bahagia di malam minggu ini. Mereka keliatan sangat ceria dan bersenda gurau sama pasangannya. Ada yang cuman sekedar ngobrol, ada yang bahkan sampe pegang-pegangan tangan, dan nggak jarang juga yang kutemuin lagi iiiihhhh.....ciuman mesra banget. Mentang-mentang taman ini sepi, udah gitu plus lagi lampu taman yang meredup. Mereka pikir apa pemerintah kota nyedian taman ini buat mereka asoy masoy kaya gitu kali ya. Padahal emang belom sempet aja lampu taman diperbaikin sama yang berwenang.

Hufftt..... gw tinggalin aja taman kota dengan pemandangannya yang menurut gw.....cih! Menjijikkan!

Gw udah kapok pokoknya berkenalan sama yang namanya cinta! Nggak akan ada lagi cinta dalam hidup gw! Baru sekali pacaran aja rasanya sakit hati ini sampe ribuan kali. Mau tau kenapa gw udah ilfil sama yang namanya cinta?


Pacar gw....maksud gw mantan pacar gw, namanya Cynthia. Orangnya cantik, kultnya putih, rambut panjang dan indah, matanya sayu. Dia keturunan Chinese. Cocok sesuai selera gw. Anaknya sebenarnya baik, pinter lagi. Udah gitu rajin. Gw pertama kali bertemu dengannya waktu lagi nyari buku ekonomi mikro di perpustakaan daerah. Waktu itu gw dan dia sebelahan pas lagi nyari-nyari buku di rak. Lagi asyik-asyiknya mencermatin dari rak ke rak, tiba-tiba dia nyolek gw. Nggak tau kenapa begitu dicolek langsung gw....DEG! Jantung kaya rasanya mau copot!


"Mas, mas...buku ekonomi mikro sebelah mana ya?", tanyanya polos.


swt.....dia pikir gw yang jaga perpus apa! Tapi gimana gw mau mangkel kalo dia nanyanya dengan wajah yang....OMG! Asli polos banget! Innocent! Kaya malaikat aja!


"Umm....eh....umm.....ano.....mbak maaf. Bukan saya yang jaga perpus mbak. Ini saya juga lagi nyari buku ekonomi mikro", jawab gw gelagapan.

"Oh! Aduh, maaf ya mas. Saya kira masnya yg jaga perpus. Aduh sekali lagi maaf ya mas"


Sekarang mimik wajahnya berubah dari yang tadinya innocent jadi yang keliatan panik gimana gitu...Tapi kok ni cewek malah tambah manis aja sich. Aduh. Sial nich jadi lupa gw mesti cari buku buat ngerjain tugas Mikro. Ah nyari bukunya entar aja ah. Kesempatan dalam kesempitan nich.


"Mbaknya mau cari buku Mikro ya? Lha kebetulan saya juga lho mbak. Ya udah kita cari bareng aja yuk mbak"

"B..boleh deh mas. Aduh tapi beneran masnya ngga apa-apa? Saya nggak enak lho sama masnya udah saya sangka yang jaga perpus.."

"Ah udah biasa kok mbak. Malah saya pernah disangka orang tukang becak, tukang andong, tukang parkir, sampe tukang tipu ya pernah lho mbak. Hahaha...", jawab gw yang tentu aja itu cuman becanda.

"Ah masnya bisa aja. Ya udah yuk kita cari sekarang mas.."


Setengah jam gw dan tu cewek nyari buku mikro tapi nggak juga ketemu. Akhirnya kita nyerah dan nanya ke penjaga...yang sebenarnya tentu aja. Ternyata oh ternyata itu perpus nggak lengkap. Masa sih buku ekonomi makro ada tapi buku ekonomi mikro gak ada. Wadehel banget lah!

Akhirnya udah kelelahan nyari buku nggak ketemu-ketemu, cewek manis itu berinisiatif ngajak gw makan siang dan tentu aja dia yg nraktir. Mungkin karena dia merasa berdosa udah "nuduh" gw sebagai penjaga perpus dan pengen nebus dosa.

Pucuk di cinta ulam pun tiba! Selain gw dapet kesempatan kenalan ama cewek cantik, gw juga bisa sambil nebeng makan nih >:)

Maklum aja gw anak perantauan. Dan ini udah bulan tua, tapi duit udah abis T_T

Tapi gw inget buku yg pernah gw baca soal bagaimana cara memikat hati cewek. Kalo diajak misal makan siang or sejenisnya, lo mesti jaim. Lo pura-pura nolak dulu, meskipun akhirnya loe mau juga. Soalnya kalo loe nolak bener-bener nolak ajakan seorang cewek, bisa-bisa tu cewek malah gak suka sama loe.


Cafe Citro Roso, sebuah cafe mahal di perempatan Jalan Mojokerto yg jadi pilihan kita. Karena ini traktiran gw pengen mesen yang mahal-mahal ahh....Tapi tiba-tiba gw keinget lagi sama buku yang pernah gw baca itu.


"Jika anda ditraktir seorang wanita, pura-puralah anda menolaknya. Meskipun pada akhirnya anda mau juga. Tapi lakukan itu seolah-olah anda ingin memenuhi undangan dia dan sangat menghormati undangan dia. Dan jangan pesan yang mahal-mahal. Tapi juga jangan pesan yang terlalu murah. Karena memesan yang terlalu mahal berarti anda sama saja memanfaatkan wanita itu. Namun memesan yang terlalu murah artinya anda tidak menghargai undangannya."


Oce pak! Berarti gw cari menu yang middle class aja lah ya. Siiip. Akhirnya setelah gw hitung harga termahal dan termurah terus gw dirata-rata, dapet deh makanan yang harga nya pas tengah-tengah. Ini dia mie goreng istimewa. Sama minumnya es kelapa muda. Favorit gw banget tuh.


"Saya pesan mie goreng istimewa sama es kelapa muda aja deh", jawab gw abis ditanya mau makan apa.

Sementara cewek itu entah gak mau ribet atau apalah dia juga mesen yang sama kayak gw. Cuman minumannya juice jeruk. Waduh, tengsin gw kalah kelas minumnya :(


"Eh iya, daritadi kita udah ngobrol-ngobrol banyak tapi kita belum kenalan ya. Namaku Cynthia", kata cewek itu sambil mengulurkan tangannya dan melempar senyuman manisnya.

"Namaku Vanno", jawab gw dengan nggak kalah ramahnya.


"Vanno kamu kuliah di mana? Kalo aku kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Gadah Maja..."

"Lho sama dong, aku juga kuliah di FE Gadah Maja. Tapi kok kita nggak pernah ketemu ya? Kamu angkatan berapa?"

"Aku angkatan 2009. Kalo kamu?"

"Oh pantes. Aku 3 tahun di atas kamu. Angkatan 2006. Hehe...udah tua ya?"

"Oh berarti aku harusnya manggilnya kak dong. Aduh maaf ya kak udah lancang manggil kakak pake nama langsung. Padahal kakak kan senior aku..." >.<


Aduh ni cewek. Cuma masalah yang menurut gw sepele aja sampe pake minta maaf segala. Aduh jadi makin suka gw sama ni cewek. Apalagi dari buku yang pernah gw baca, Cynthia udah nunjukin sinyal-sinyal kalo dia suka juga sama gw. Auw auw auw....Yess! Akhirnya gw gak jomblo sebentar lagi! Yes!!


3 bulan kemudian

Akhirnya setelah selama seminggu gw persiapin diri dengan segala peluru-peluru dan senjata-senjata ampuh gw, berhasil juga gw tembak Cynthia. Dan kemarin, tepatnya dua hari yang lalu, Cynthia memberikan jawaban iya atas pertanyaan gw "Maukah kamu menjadi tambatan hatiku?". Rasanya mau copot jantung gw begitu gw denger jawabannya "I...iya kak. Cynthia mau jadi tambatan hati kakak..."

Kita rayain hari jadian kita dengan makan malam di Cafe Citro Roso. Yup....itu cafe yang jadi tempat makan kita waktu hari pertama ketemu. Tapi tentu aja kali ini gw yang traktir. Secara gw kan cowo. Masa sich gw gak malu ditraktir cewe terus-terusan.


"Silahkan kamu pesan apa saja yang kamu suka", tantang gw dengan nada menyombong.

Iya nich mentang-mentang baru dapet kiriman ortu aja udah belagu gw. Dasar kaya gini nih ketauan gak pernah kaya. But so what gitu loh. Huahaha...


"Aku samaan sama kakak aja deh", jawabnya sambil tersenyum manis.

"Mbak saya pesan ini dan ini aja ya untuk dua orang"

"Baik pak. Pesanan segera kami antar", sahut si pelayan sambil pergi ninggalin kita berdua.


Lima menit lamanya kita ngalamin apa yang orang namain dengan dead style alias mati gaya. Bingung mau ngomong apa, coz dua-dua insan ini sedang grogi satu sama lain. Tapi akhirnya gw buletin tekat dan beraniin diri mulai pembicaraan.


"Eh Cyn. Kamu selama ini kalo malam minggu ngapain aja? Diapelin sama mantan pacar kamu ya?",

"Nggak kok kak. Selama ini aku belum punya pacar. Kakaklah pacar pertamaku."

"Sama dong Cyn, kakak juga belom pernah pacaran. Jadi kamu juga pacar pertama kakak.""Ah kakak boong. Masa sich orang seganteng kakak nggak punya pacar?"


"Beneran kok Cyn, sumpah samber mbledek deh. Kakak selam ini nggak ada yang sreg aja. Baru kamu cewek yang bisa bikin kakak jatuh hati.", sahut gw dengan mimik yang agak panik, takut kalo-kalo Cynthia nggak percaya kalo emang dia pacar pertama gw.


"Hehe....iya kak. Cynthia percaya kok sama kakak. Berarti ini pengalaman pertama kita pacaran dong? Mudah-mudahan bisa langgeng sampe pernikahan ya kak"

"Amin Cyn. Amin. Kakak rasanya pengen banget malah ngelamar kamu sekarang. Hehe...""Idih kakak nafsu amat. Baru aja kita jadian 2 hari masa udah mau ngelamar Cynthia...""Hehehe....kakak becanda kok. Tapi pasti kakak akan melamar kamu, setelah kakak lulus nanti dan sudah punya penghasilan cukup."


Makan malam yang luar biasa. Gw dan Cynthia saling mengenalkan pribadi masing-masing, dan ternyata di antara kita banyak banget kesamaannya. Jadi deh kita klop.


Hari berganti hari, hubungan gw sama Cynthia semakin erat dan semakin mesra aja. Tiap 3 hari sekali gw ajak Cynthia ngedate. Kadang pas ngedate pake acara shopping segala. Bikin gw tambah bokek aja. Untung aja gw dah punya penghasilan sendiri gara-gara kemampuan gw design aplikasi dan sering diminta banyak perusahaan gede buat bikin aplikasi-aplikasi dengan bayaran lumayan. Lumayan lah untuk nraktir-nraktir Cynthia sekalian beliin dia baju-baju tiap hari. Padahal gw tau Cynthia anak orang kaya. Tapi gw malah beliin dia baju.

Gak apalah, selain gw udah punya penghasilan sendiri, kan gw cowok. Jadi gw yang lebih pantes ngasih hadiah buat cewek gw.


Namun


12 bulan kemudian

Hari ini tepat perayaan setahun hari jadian gw sama Cynthia. Gw pengen bikin surprise buat cewek gw itu. Gw sengaja udah siapin sebuah cincin yang gw beli dari hasil kerja keras gw yang gw tabung sedikit demi sedikit sejak 11 bulan terakhir. Gw emang udah rencanain ini sejak lama dan puji Tuhan gw bisa wujudin ini pas di hari ini. Di hari yang sangat spesial ini. Spesial buat gw dan Cynthia.


Karena gw juga pengen bikin surprise ke Cynthia, jadi emang sengaja gw dateng ke kosannya gak bilang-bilang dia dulu.

Mobil sengaja gw pelanin suaranya pas berhenti supaya gak ketauan gw dateng. Terus gw masuk ke dalam mengendap-endap dan ketemu ibu kosnya.


"Bu, Cynthia nya ada?", tanya gw sambil berbisik-bisik

"Oh ada. Masuk aja dia lagi ada di kamar...", jawab si ibu kos juga sambil berbisik-bisik karena dia udah tau gelagat gw yang mau bikin surprise ke Cynthia.


Gw masuk ke dalam dan menuju ke kamar kosannya Cynthia, sambil masih mengendap-endap. Pas gw sampe di depan pintu, samar-samar gw denger Cynthia lagi nelpon seseorang. En pintu kamarnya gak ketutup rapat, jadi gw coba intip dia lagi nelpon siapa sambil coba-coba nguping pembicaraannya. Emang sich ini seharusnya gw gak boleh lakuin. Soalnya kan status kita masih pacaran. Tapi karena gw bener-bener pengen serius dan pada hari ini gw juga udah siapin kejutan yakni sebuah pernyataan bahwa gw bakal segera melamar dia, jadi gak apa dong kalo ngintip dan nguping...


Betapa terkejutnya gw, bak kesamber petir di siang bolong nan cerah, begitu gw dengar sedikit percakapannya di telpon seperti ini :


"Han, hari ini udah tepat setahun gw jadian sama Vanno. Sesuai janji elo kan, kalo gw bisa macarin Vanno dalam waktu setahun loe kalah dan loe harus traktir gw, Fita, Chika, sama Disty di Restoran Sejuk Segar plus Karokean dan Clubbing di Club Joged Asoy selama seminggu! Jadi gw, Fita, Chika, sama Disty bakal nagih janji loe nanti malem ya.

Sekarang udah dulu ya, feeling gw Vanno bakal ke kosan gw bentar lagi. Dah dulu ya. Sampai nanti malam. Bye..."


Gw gak bicara apa-apa, Bahkan setelah Cynthia membalik badan dan menyadari gw udah berdiri di depan pintu kamar kosnya, gw tetap diam membisu. Sambil menampakkan ekspresi marah yang ketahan dan rasa yang amat sangat kecewa. Ternyata selama ini gw cuma dipermainkan sama Cynthia. Ternyata gw selama ini dijadikan bahan taruhan. Gw bener-bener kecewa. Gw banting aja cincin dan kotaknya ke lantai dan bergegas pergi. Cynthia yang panik nampak nyoba ngejar gw, tapi gw keburu masuk ke mobil dan langsung pergi dari situ dengan cepat.


Pengalaman gw itu emang gak menyenangkan. Makanya gw udah gak percaya lagi ama yang namanya cinta. Apalagi cinta pada pandangan pertama. Yang ada di benak gw sekarang cinta itu cuma bullshit. Cinta cuma alat buat memuaskan keinginan setiap individu semata dan jadi ajang pertaruhan antar teman. Cinta cuma permainan dan cinta gak riil.

Gw muak dengan cinta.


TAMAT

Tidak ada komentar: